Pengenalan Komputer dan Operasional Komputer

Pengertian
                 Komputer adalah suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama yang membentuk suatu sistem kerja yang rapi dan teliti Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
konsep dasar komputer :
  • Hardware
  • Software
  • Brainware
ketiga hal tadi merupakan konsep yang membentuk atau membuat komputer tersebut bisa beroperasi secara normal. kenapa? berikut penjelasannya.
  • Hardware : “hard” berarti keras yaitu komponen atau perangkat keras komputer, dalam bahasa mudahnya perangkat komputer yang semuanya keras atau dalam bahasa jawanya “atos”. seperti Monitor, Mouse, Keyboard, Printer, Harddisk, DVD Rom Drive, dst.
macam2 hardware :
  1. Input (masukan), contoh: Keyboard, mouse, scanner, dll
  2. Output (keluaran), contoh: Layar monitor, printer, dll.
  3. Penyimpanan, contoh: Hard disk, flash disk, Memori (RAM), disket, CD, DVD, dll.
  4. Pemrosesan, contoh:Motherboard, Prosesor (intel (pentium, celeron), amd) yang mempunyai kecepatan berbeda-beda yang diwakilkan dengan Hertz (Hz) Komputer sekarang sudah mencapai 3 Ghz (giga hertz), kartu grafis, dll.
  5. Komunikasi, contoh: Modem, kabel LAN, Wifi, dll.
  • Software : merupakan perangkat kebalikan dari hardware, kok kebalikan? iya karena mengandung pengertian perangkat lunak komputer (“soft “berarti lunak). atau bahasa gaulnya (J) suatu program yang berisi instruksi/perintah yang ditulis dalam bahasa komputer yang dimengerti oleh hardware komputer. dalam hal ini nantinya ada yang disebut dengan programmer yaitu orang yang membuat suatu program dalam komputer. untuk penjelasan mengenai programmer dan macam2 nya silahkan cari sendiri ya? hee..hee.. kita kembali lagi ke software. software terbagi menjadi 2:
  1. software operating system (sistem operasi) mengandung pengertian suatu program atau perangkat lunak yang bertugas mengoperasikan atau menghubungkan perangkat keras yang tersambung ke dalam komputer agar supaya bisa bekerjasama dan berjalan sesuai  rencana. dan juga bertindak sebagai perantara antara pemakai (user) dan hardware. sistem operasi mengatur segala sesuatu yang ada di dalam komputer, termasuk semua hardware yang ada / tersambung, memori, harddisk, printer, DVD ROM Drive dsb..
Contohnya: Linux, Windows XP, Windows Vista, Unix, Apple (tiger, leopard, machintosh).
  1. software aplikasi
Merupakan perangkat lunak pendukung sistem operasi yang biasa digunakan untuk keperluan membantu kerja manusia sehari-hari seperti pengolahan data, pengolahan gambar, pengolahan angka dst. contoh :
  • software pengolahan kata (word processing seperti open office, Microsoft word, Wordpad)
  • software pengolahan angka (Microsoft excel, open office calc)
  • software untuk pengolahan data base ( MS Acces, delphi dst)
  • software pengolahan gambar ( coreldraw, adobe photoshop, paint dst)
  • Brainware merupakan istilah yang menunjuk pada orang yang bekerja berhubungan dengan komputer. istilah tersebut antara lain :
  • user / operator merupakan orang yang mampu mengoperasikan komputer
  • Administrator : orang yang mengatur / merancang sistem kerja, urutan kerja, pengelolaan data sampai output.
Biar kalian mudah memahaminya maka ilustrasinya seperti ini, hardware komputer akan beroperasi atau bisa berjalan apabila ada atau dimasuki software komputer (sistem operasi) dan akan bisa melakukan pekerjaan / tugas  yang bisa membantu pekerjaan kita apabila ditambah software aplikasi. nah sampai disini apakah bisa beroperasi secara wajar?  jawabannya belum, kenapa? perangkat tersebut akan bisa berfungsi dengan baik apabila ada yang namanya manusia yang disebut brainware. maka dari itu ketiga nya harus ada supaya kerja komputer bisa maksimal. nah coba bayangkan pinter mana antara komputer dan manusia? jawabannyaa adalah…..  untuk PR ya (tentunya kalian sudah bisa menjawabnya).

¡Compártelo!

0 komentar:

Posting Komentar

searching

 
Belajar nge-Blog Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger