Pemanfaatan page break untuk mengatur halaman (Ms. Word )




Langsung aja gw mulai nge-review tentang cara bikin Page break 
Page Break
Di dalam Ms. Word banyak menu untuk Break, diantaranya adalah Page Break dan Next Page.
Tujuan utamanya adalah membagi dokumen menjadi beberapa bagian. Tapi,, Page Break dan Next Page punya fungsi inti yang berbeda.


Prosedur melakukan page break di Ms. Word 2007 seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  • Kalo mau nambah Section, pilih Page Layout - Breaks Next Page.
  • Kalo cuma mau nge-Break tanpa nambah Section, pilih Page Layout – Breaks Page Break.
Terus apa itu Section??
Section ini sebenernya penanda dari suatu bagian pada dokumen.
Fungsinya : Dengan membagi dokumen menjadi beberapa section, kita akan mempermudah proses pemberian nomor halaman. Biasanya kalau kita bikin proposal ato dokumen kan ada bagian yang format page number nya berbeda, nah dengan pembagian section kita bakalan gampang ngedit-ngedit format page number-nya. Misal, untuk  Kata Pengantar dan Daftar Isikita anggap mereka berada pada section yang samayaitu Section 1. Nah untuk Bab I Pendahuluan kita bedain dia sehingga kita anggap dia berada pada Section 2.
Intinya : Tiap section yang berbeda bisa kita buat beda juga format page numbernya.. :D
Kalau Page Break yang hasilnya ga nambah section itu fungsinya supaya bagian yang berbeda ga akan saling berpengaruh. Contohnya gini, Bab I Pendahuluan dan Bab II Pembahasanbiasanya untuk pemberian nomor halaman adalah kontinyu ( nyambung gitu… ), tapi kalo kita udah selesai bikin Bab I Pendahuluan ga jarang kita selesai di tengah halaman. Nah kalo mau masuk ke Bab II Pembahasan biasanya kita bakalan ngelakuin Enter – Enter -Enter -Enter -Enter -Enter – Enter” supaya Bab II Pembahasan berada di awal halaman.
Kalo itu yang dilakuin, misalnya nanti ada perubahan di Bab I, hasilnya malah bikin si Bab II jadi ikut turun. Nah dengan Page Break, kalopun kita ngedit-ngedit Bab I, si Bab II akan stabil berada di awal halaman :mrgreen:


¡Compártelo!

0 komentar:

Posting Komentar

searching

 
Belajar nge-Blog Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger